Begini Cara Efektif Mengatur Cicilan Mobil Baru Agar Tidak Membebani


Berencana memiliki mobil baru akhir tahun ini? Mudah kok untuk mewujudkannya. Akan tetapi seperti biasa ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan mulai dari dealer yang terpercaya, DP besar atau kecil, dan masalah cicilan mobil baru 2022 yang tentunya sudah semakin naik nih!


Saat ini sudah banyak dealer maupun leasing yang menyediakan layanan kredit terjangkau untuk memudahkan pelanggannya mendapatkan mobil baru. Jika Anda belum pernah kredit sebelumnya, sebaiknya pahami cara efektif untuk mengatur cicilan mobil baru agar tidak terlalu membebani. 

Cara Efektif Mengatur Cicilan Mobil Sesuai Kondisi Finansial

Tidak perlu takut untuk membeli mobil impian dengan cara kredit. Mengapa demikian? Karena selama Anda mampu mengatur keuangan dan menentukan cicilan dengan bijaksana, maka cicilan kredit tiap bulannya akan berjalan lancar tanpa membebani sedikitpun. 

  • Pilih Mobil Sesuai Kemampuan Finansial

Cicilan kredit mobil tiap bulannya tidak akan membebani ketika calon debitur menyesuaikan mobil yang akan dibeli dengan kemampuan finansial. Jangan mudah tergoda dengan mobil terbaru yang harganya ternyata di luar budget, karena bisa membuat pengelolaan keuangan berantakan. 


Selain itu, Anda juga masih memiliki tanggungan untuk mencicil biaya kredit per bulannya. Jangan lupa pertimbangkan masalah DP yang tentunya harus dipersiapkan sebelumnya. Jika mobil yang dibeli masih sesuai dengan budget, maka setidaknya DP atau cicilan tidak akan membebani. 

  • Melakukan Konsultasi Pada Tempat Pembelian Mobil

Jika calon debitur sudah merasa yakin dengan mobil yang ingin dibeli, maka saatnya untuk melakukan konsultasi pada dealer atau leasing. Apa tujuan melakukan konsultasi? Tentu saja untuk mengetahui masalah persyaratan, pembayaran, dan tenor yang ingin dipilih. 


Setiap dealer atau leasing biasanya memiliki kebijakan tenor dan pemberian DP yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda bisa menjelaskan mengenai pendapatan per bulannya untuk mendapatkan cicilan kredit yang ringan sehingga tidak terlalu membebani. 

  • Memanfaatkan Simulasi Kredit untuk Menentukan Cicilan Mobil

Simulasi kredit sangat penting untuk mencari informasi tentang besaran uang muka, lama cicilan, dan besar cicilan yang dibutuhkan tiap bulannya. Silahkan cari tahu dengan cermat mengenai budget dan kemampuan finansial kemudian konsultasikan kembali pada pihak dealer atau leasing. 

  • Membuat Semacam Pos Anggaran Cicilan Mobil

Ketika Anda memutuskan untuk kredit apapun, maka jangan lupa melakukan kebiasaan positif untuk membantu merencanakan cicilan mobil dengan baik. Jadi buatlah semacam pos anggaran secara terpisah yaitu pos untuk kebutuhan pokok dan pos pembayaran cicilan mobil. 


Tulis pos anggaran dana tersebut pada sebuah buku pribadi secara detail sesuai dengan kebutuhan. Kalau perlu untuk pos anggaran kebutuhan pokok dibuatkan rincian pembelian setiap harinya untuk mencegah ada penggunaan budget berlebih. 




  • Jangan Tunda Saat Akan Bayar Cicilan Mobil

Menyegerakan untuk bayar cicilan merupakan kebiasaan positif yang bisa membuat keuangan selalu stabil. Usahakan jangan sering telat bayar cicilan, karena hal ini akan membuat debitur mendapatkan pinalti berupa penambahan bunga. 


Dengan membayar kewajiban secara tuntas, maka Anda bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya yang dirasa penting. Hindari mengambil uang cicilan yang sudah disiapkan untuk kebutuhan lainnya, karena akan membuat rencana keuangan berubah. 


SEVA merupakan platform beli mobil yang dilengkapi dengan teknologi canggih berupa fitur instant approval. Dengan fitur tersebut, maka setiap pelanggan bisa mendapatkan mobil impian sesuai dengan kemampuan finansialnya. Tunggu apalagi? Yuk buruan dapatkan mobil impian dengan cicilan terjangkau.  



Komentar